var id = "e81881cd3e3052202b943fdab8bb18eb8670f1cf"; class="archive tag tag-kuliahnya tag-36 no-slider content-r" layout='2'>

kuliahnya tagged posts

Mau Kuliah Manajemen? Kenali Dulu Jurusan Dan Mata Kuliahnya!

Kalo jaman dulu jurusan ini disebut dengan “pembukuan” jaman saat ini sih udah ngga pake buku beneran, tapi semua udah serba digital. Daripada nama-nama konsentrasinya, kira-kira lo kebayang nggak apa nun dipelajarin? Kalo Ekonomi Universal pastinya fokusnya akan di kegiatan dan berbagai kearifan ekonomi yang berhubungan sama dunia internasional seperti ekspor, impor, kerjasama ekonomi universal dan transaksi pembayaran universal.

Jadi intinya ilmu ekonomi tuh sebenernya adalah ilmu dengan mempelajari perilaku manusia dalam menentukan pilihan yang tujuannya untuk mencapai kesejahteraan. Wah, kesannya luas banget dong ya ekonomi itu, dibanding mulai urusan dapur mencapai berbatas urusan negara. Yak, benar-benar ilmu ekonomi itu raya banget, kita bisa pandang dari perspektif sempit mencapai berbatas yang luas. Dari start perekonomian individu, keluarga, industri, negara, sampai skala universal.

Secara umum gua mampu gambarkan bahwa dalam IE lo akan mempelajari bervariasi kebijakan yang perlu diambil negara untuk perbaikan ekonomi, hingga membuat analisis dekrit industrial skala besar. Pada hal ini, demi gua tekankan bahwa haluan IE sangat kental hubungannya dengan analisis matematis!

Sehati, tadi ada manajemen akuntansi, ada akuntasi keuangan, sekarang kok ada yang namanya manajemen akuntansi? Sejujurnya konsentrasi manajemen akuntansi ini memang baru muncul di Indonesia belakangan ini, dan di prinsipnya konsentrasi ini memang merupakan penggabungan dari pemfokusan bidang manajemen keuangan beserta akuntansi keuangan. Kalo manajemen fokus dalam pelaksanaannya agar efektif dan efisien, akuntansi keuangan fokus dalam menyelidiki, menginvestigasi, serta membuat laporan keuangan yang AKURAT & WAJAR. Artinya seluruh kapital arus kas harus dapat dipertanggung-jawabkan dari mana sumbernya, dan juga kewajaran dibanding penggunaannya. Kalo sampai terjadi kecurangan yang dilakukan sambil oknum dalam sebuah perusahaan, seorang akuntan yang handal harus bisa mengetahui & melaporkan kecurangan tersebut supaya kerugian perusahaan tidak tambah membesar. Ngomongin soal akuntansi, buat lo yang keturunan IPS mungkin udah langsung kebayang jurnal laporan per-ekonomian deh, hehehe… Ya memang yang namanya jurusan Akuntansi pastinya akan belajar mengenai pembukuan keuangan.

Segmen juga menyediakan data uang perusahaan yang terdaftar pada BEI untuk keperluan pendedahan maupun penelitian. Dari namanya aja, pasti lo udah kebayang kalo konsentrasi fiskal pastinya akan belajar segala sesuatu yang berhubungan tentu pajak,. Khusus untuk sektor akuntansi, konsentrasi pajak berdasar pada lebih spesifik akan meributkan segala hal yang tersekat dengan pajak perusahaan, pajak penjualan, pajak pertambahan perhitungan, pajak penghasilan, dll.

Nah loh, siapa bilang kuliah ekonomi ngga akan ketemu sama itung-itungan? Analisis perekonomian dalam skala makro ini sangat membutuhkan pendekatan matematis, terutama aljabar. Di potongan ini gue mau teliti tentang berbagai bagian daripada ilmu ekonomi nih. Karena sebenernya ilmu ekonomi di prakteknya itu sangat luas dan bisa dibagi menjadi bagian-bagian yang buanyak buanget. Tapi karena tujuan gue nulis artikel ini buat para calon mahasiswa per-ekonomian, gua akan bahas penggolongan ilmu ini dari tapak pandang akademis secara umumnya, dalam arti pembagian haluan pada Fakultas Ekonomi di berbagai kampus Indonesia.

Read More